"Selamat Datang di JARBIM BLOG"

Minggu, 06 Desember 2009

MIROTA BATIK YOGYAKARTA


Pernah ke mirota batik?

Hmm.. disana kamu akan merasakan suasana yang “berbeda”

Mirota Batik @t night

Mirota Batik @t night

Mirota batik merupakan salah satu toko yang menjual berbagai macam batik dan cenderamata khas jogja. Meskipun banyak toko batik, toko ini berbeda dengan toko lainnya. Toko ini ramai sekali. Pada hari biasa sekalipun. Toko yang terletak di ujung jalan Malioboro ini dari jauh bisa langsung dikenali lewat bangunannya yang berwarna putih.

Di depan toko ada kereta kuda, yang dipakai pada hari tertentu. Di pintu toko, kita akan disambut oleh mbok-mbok, atau pak-pak yang menggunakan pakaian jawa. Begitu masuk akan terasa suasana yang lain… suasana yang begitu jawa. Ya! Suasana jawa kental sekali di toko ini. Ada bunga yang diletakkan dalam ciri atau cobek, ada aroma yang khas, ada alunan gendhing jawa dan suasana yang begitu hidup. Lantai 1 di toko ini untuk pakaian. Berbagai batik bisa ditemukan disini. Terkadang di lantai 1 ini juga kita bisa melihat proses pembuatan batik oleh mbok-mbok dengan menggunakan canthing.

Beranjak ke lantai 2 adalah tempat untuk souvenir dan pernak-pernik. Banyak cendera mata yang bisa ditemukan di sini. Ada patung loro blonyo, pembatas buku wayang, lampu tempo dulu, atau foto Pak Hamzah, pemilik mirota batik dalam bentuk yang lain. Semua bisa kamu temukan di sini.

Beralih ke lantai 3…nah..ini tempat favorit saya. Kenapa? Karena disini saya bisa Wifian sepuasnya. Lantai 3 adalah cafe sekaligus wifi area. Nama cafenya adalah Oyot Godhong. Di lantai ini terdapat gazebo-gazebo dan konsepnya adalah taman. Hari Rabu kemaren saya se-sorean di sini. Wuihh…serasa ada di Eropa. Kalau di lantai 1 dan 2 kita akan menemukan nuansa Jawa Klasik, di Lantai 3 ini kita akan menemukan nuansa eropa klasik. Mulai dari alunan musiknya, para pramusajinya yang menggunakan kostum-kostum jaman eropa.

Maneken Orang Jawa di Oyot Godhong

Maneken Orang Jawa di Oyot Godhong


Menu makanan dan minuman di s ini bervariasi. Mulai dari wedang uwuh, wedang ronde, roti dari Mirota Bakery, sampai nasi goreng special ala mirota batik. Harga makanan di cafe oyot godhong ini sangat murah. Saya pesan Wedang Uwuh dan Camilan ketela cuma habis 5000 perak. Murah banget kan? Makanya saya suka tempat ini.

Bayangkan jika Anda masuk ke tempat belanja dengan disambut oleh pelayan yang menyerupai abdi dalem kraton Yogyakarta yang lengkap dengan busana tradisional dan keramahannya. Belum lagi ketika tengah berada di dalam ruangan, aroma dupa yang tercium dengan pekat menemani Anda selagi mencari-cari pakaian batik yang Anda inginkan. Ditambah dengan iringan musik tradisional yang juga dapat Anda nikmati melalui layar televisi. Hal tersebut bukanlah bayangan semata, semuanya dapat Anda dapatkan di Mirota Batik Yogyakarta.

Terletak strategis hanya beberapa meter dari kawasan 0 kilometer Yogyakarta, tempat belanja yang terdiri dari tiga lantai ini berlokasi tepat berhadapan dengan Mirota Batik Yogyakarta. Batik, kerajinan, jamu, pernik, aksesoris, kaos oblong dan barang antik dapat Anda jumpai di tempat belanja yang telah berdiri sejak tahun 1987 ini.




Selain terdiri dari berbagai macam produk dan kerajinan asli Jogja, Mirota Batik juga menyediakan beberapa barang dan kerajinan yang berasal dari daerah lain di Indonesia seperti kerajinan Jepara, batik Pekalongan dll. Satu hal yang menarik dari tempat ini adalah adanya pembuat batik tradisional yang secara langsung membuat batik di lantai satu. Bagi Anda yang tertarik dapat melihat langsung proses pembuatan kain batik yang nantinya akan Anda kenakan.

JAM BUKA
Setiap hari pukul 08.00 - 21.00 WIB

SHOWROOM
Lantai I : Batik
Lantai II : Kerajinan dan Pernik

TIPS & TRIK
Jika Anda tertarik dengan proses pembuatan batik secara langsung, saksikan proses pembuatannya pada lantai satu tempat belanja ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar