"Selamat Datang di JARBIM BLOG"

Sabtu, 05 September 2009

alun-alun utara tempo doeloe

Djogdja Tempo Doeloe - Ringin Kurung Alun-Alun Utara

tahun 1920

Kalau anda datang ke Yogyakarta, utamanya ke Kraton Yogyakarta, atau juga warga Yogyakarta, tentu tidak bisa lepas dari dua pohon pohon yang terletak di tengah alun-alun utara. Dua pohon itu berada di dalam pagar sehingga di kenal dengan sebutan "Ringin Kurung". Sebutan ini menunjuk bahwa dua pohon beringin berada dalam kurungan (pagar). Ringin Kurung yang anda lihat dalam foto ini adalah pada tahun 1920. Ini artinya, usia Ringin Kurung sudah tua, karena Ringin Kurung itu ada jauh sebelum pada tahun itu. Setidaknya, pada awal dibangunnya Kraton Yogyakarta pada tahun 1775 keberadaan Ringin Kurung bisa dilacak. Untuk masyarakat Yogyakarta, keberadaan Ringin Kurung seolah menjadi hal biasa meskipun sekaligus legendaris. Karena meskipun pernah tumbang, tepatnya patah salah satu bagian batangnya, namun kemudian tumbuh lagi. Jadi, Ringin Kurung yang letaknya persis di tengah dan menghadap pagelaran Kraton, bisa dikatakan tidak bisa lenyap sebagaimana Kraton Yogyakarta juga tegak berdiri.

Memang sekitar Ringin Kurung sekarang sudah berbeda dengan Ringin Kurung pada masa lampau. Setidaknya, jalan lintas di tengah Ringin Kurung sekarang berupa konblok, pada hal, tahun 1980-an masih berupa jalan aspal yang bisa dipakai oleh lalu lintas umum. Foto tahun 1920 jalan lintas di tengah masih berupa tanah.

Dari sini setidaknya orang bisa membayangkan, bahwa sekitar Ringin Kurung bisa berubah-rubah, tetapi pohonnya masih tetap berdiri tegak di tengah alun-alun utara.

Itulah "Ringin Kurung" dia setia berada di tempatnya, tanpa tergoyahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar